Ada kemungkinan Slackware rilis depan tanpa KDE

Dari twitter yang di twit kan Distrowatch saya tau berita ini. Sumber dari berita ini adalah salah satu pengembang paket (Packager) Slackware Eric Hameleers. Beliau berkata bahwa ini suatu dilema. Bagaimana tidak , selama ini dialah yang telah susah payah menyatukan KDE kedalam Slackware, kerja keras yang bagitu lama akan diakhiri sendiri.

Lalu apakah alasan nya melepaskan KDE dari rilis berikut nya. Rupanya Eric mengalami kesulitan dalam hal deteksi hardware KDE. KDE 4.7 tidak lagi menggunakan HAL (Hardware Abstraction Layer ) melainkan menggunakan udisk/upower. Tim pengembang KDE sekarang sedang beralih dari menggunakan CVS menjadi menggunakan Git. Pola distribusi source code pun berubah, yang tadinya hanya satu buah tar-ball besar sekarang menjadi banyak tar-ball kecil-kecil. Hal ini menyebabkan harus dirubahnya script kompile (SlackBuild) , tentu saja ini memakan waktu dan cukup merepotkan.

Saya pribadi sih tidak terlalu khawatir tentang berita ini. Namun tentu rasa sayang timbul ketika mendengar berita ini . Walau pun belum pasti tentang dihapusnya KDE dari default desktop Environment dari KDE tapi kemungkinan kesana cukup kuat.

Slackware sendiri datang tidak cuma dengan KDE sebagai Dekstop Environment nya . Beberapa nama seperti XFCE dan Fluxbox sudah termasuk dalam installsi penuh slackware. Coba anda ketik

xwmconfig

Di sana akan muncul beberapa pilihan Window manager yang dapat digunakan .Tampilan nya seperti berikut

XFCE mungkin akan jadi pengganti kuat KDE di rilis berikutnya. Saya lebih memilih Xfce ketimbang GNOME soal nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>