Jadi nggak sembarangan konek ke server proxy ( Slackware 13.1 )

Posting kali ini sifatnya memberi informasi saja , bukan dengan maksud menggurui. Sebenarnya udah banyak sih tersebar di internet, saya posting ini kalau-kalau nanti lupa , kan tinggal buka blog ini aja.

Ok, sesuai judul diatas posting ini akan membahas langkah-langkah bagai mana membatasi pengguna proxy yang akan konek ke server proxy.  Saya membuat proxy ini ketika keadaan internet di gedung tempat saya kuliah kacau balau. Kadang sulit sekali untuk mendapatkan kecepatan browsing yang memadai. Dengan memanfaatkan kehandalan Squid proxy dalam hal men-cache halaman web, kegiatan browsing saya jadi lebih nyaman.

Sekarang koneksi yang ada di gedung ini sudah mulai membaik. Namun saya masih tetap menggunakan proxy server ini untuk sekedar melihat E-mail atau posting di blog ini. Banyak juga orang – orang yang mengetahui keberadaan proxy ini, ikut menggunakan nya. Lama-kelamaan mereka melewati batas, mendownload seenak nya . Untuk itu mulai saat ini saya akan memberlakukan authentifikasi pada pengguna yang ingin menggunakan layanan proxy gratis ini .

Langkah pertama untuk membuat squid memberlakukan authentifikasi adalah mengedit file konfigurasi squid di /etc/squild/squid.conf

lalu cari baris berikut ini

auth_param basic program /usr/lib/squid/ncsa_auth /etc/squid/passwd
auth_param basic children 5
auth_param basic realm Squid proxy-caching web server
auth_param basic credentialsttl 2 hours

Hilangkan tanda “#” di depan tiap baris tadi . Baris ini akan memerintahkan squid untuk menjalankan basic http authtentification . Squid akan menggunakan library ncsa_auth yang sudah disediakan untuk membantu mengecek authentifikasi.

Setelah itu tambahkan baris berikut pada list acl yang telah dibuat

acl ncsa_users proxy_auth REQUIRED

Kemudian di baris paling atas bagian http_access tambahkan baris berikut ini

http_access allow ncsa_users

Setelah semua itu dilakukan kita akan membuat file database user dan password yang digunakan untuk authentifikasi. Kita bisa membuat file database dengan bantua program httpasswd . Katikan perintah berikut ini .

httppasswd /etc/squid/passwd www

Tedapat tiga bagian pada perintaha diatas, bagian pertama adalah nama program yang digunakan untuk membuat dan mengisi file database tersebut. Bagian adalah letak dimana file tersebut akan di buat dan bagian ke tiga adalah nama user yang akan dimasukan .

Setelah peritah tadi diketikan, akan muncul promt meminta anda memasukan password dua kali. Setelah memasukan password yang sama sebanyak dua kali maka file tersebut akan dibuat dan user “www” akan ditambahkan.

Apabila anda ingin menambahkan user lagi , tinggal masukan perintah diatas dengan nama yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>